Pencarian

Custom Search

15 August 2015

Jika anda memiliki Yamaha Jupiter Z..yang suka tarik gas dalam-dalam saat di jalan dengan kecepatan tinggi pasti rasanya kurang adrenalin kalau cuma memakai motor dengan performa bawaan dari pabrik,
karena memang pada dasarnya spesifikasi mesin dari pabrik bukan untuk ajang kebut-kebutan dan sejenisnya...

  __°^° kali ini Saya akan membagikan sedikit resep untuk meningkatkan performa mesin motor Yamaha Jupiter Z mulai dari menambah kapasitas ruang bakar, modifikasi Noken as, Porting in-ex, dan modifikasi perangkat kopling.
BORE UP 120 CC
       Langkah untuk menambah kapasitas ruang bakar, tanpa harus mengganti liner/boring kita bisa mem-bore up blok boring dan membenamkan piston Jupiter Z over size 200 (53mm), saya rasa kalau cuma untuk harian tidaklah harus menggunakan piston besar-besar. Dengan mengganti piston standart dengan piston Jupiter Z over size 200 (53mm) maka kita sudah mendapat volume 120 cc di dalam ruang bakar.
Jika anda ingin meningkatkan tekanan udara di dalam ruang bakar (kompresi) anda bisa memapas blok boring sebanyak 1,5mm kemudian membuat jenong pistonnya 1,5mm, jangan lupa membuat coakan klep pada atap piston agar tidak terjadi tabrak lari antara piston dan klep,,,,hahahaha.
MODIFIKASI NOKEN AS
       Untuk yang satu ini memang bukan perkara mudah, maka saya sarankan anda untuk mengerti dulu mengenai prinsip-prinsip dan cara kerja noken as sebelum anda menyalakan mesin papas noken yang akan anda gunakan untuk memodifikasi noken as, karena sedikit kesalahan saja bisa mengurangi performa mesin motor anda.
   saran saya Lebih praktisnya anda juga bisa langsung membeli noken as jadi, alias racing yang banyak dijual di pasaran,,, tapi agak mahal sih...!!!!! :D ;)
PORTING IN-EX
        Meningkatkan performa mesin dengan cara merubah lubang intake dan lubang exhaust ini wajib dilakukan untuk melancarkan suplai bahan bakar yang akan masuk ke dalam ruang bakar dan membuang sisa pembakaran ke knalpot agar lebih maksimal.
        Anda bisa menggunakan bor tuner untuk memodifikasi bagian ini, dengan cara memperlebar diameter sitting lubang intake 1 mm, pada bagian lorong lubang intake cukup dihaluskan. Untuk lubang exhaust anda bisa memperbesar diameter seattingnya 1 mm juga, pada bagian paling ujung yg dekat dengan leher knalpot tidak perlu diperbesar, cukup merubah bentuk lubangnya sehingga menjadi lingkaran sempurna, area sekitar boshing klep juga harus dirapikan, karena dibagian ini terdapat banyak hambatan udara.
Modifikasi Perangkat Kopling
        Kini saatnya bermain diseputar blok kopling dengan mengganti per kopling standart Jupiter anda dengan per kopling Yamaha RX king,atau part recing.. langkah ini dilakukan agar perangkat kopling lebih responsif dan mencegah terjadinya slip kopling.
Untuk knalpot saran saya pke knalpot recing..guna.a sii supaya tenaga mesin ndag tertahan atw plongg kluar ..soal merk terserah mau pke apa.intinya sii sesuaiin aja ..
       Nah itu sedikit ulasan mengenai cara korek harian murah meriah motor Jupiter anda...
___°°°Smoga tips ini berguna bgi kerabat recing ..;) °°°____
   
•••salam gass pool•••

0 comments:

Post a Comment

Koment seperlu nya

Popular Posts