Pencarian

Custom Search

15 August 2015

Untuk memperbesar tenaga mesin.mekanik kerap melakukan korek kepala silinder .
Mekanik lokal biasa menyebut dengan istilah porting
Inti dari porting yakni memperbaiki dan memperlancar aliran gas bakar atw flow di lubang isap dan buang ..




Flow yaitu aliran gas bakar ..Biasa di sebut dalam satuan cfm..
Rumus dasar ilmu porting yaitu Q= v x A
di mna .. v =kecepatan(m/det)
               A= luas penampang
Mengenai jabaran.a mari kita belajar...
Untuk memaksimalkan flow(cfm) tinggal besarkan lubang isap dan buang..
Dari rumus itu terlihat ."jika mau memperbesar cfm atw flow tinggal gedein aja lubang isap dan buang..
Caranya dngan memperbesar diameter lubang .dngan menggunakan pisau korek atw tuner..
  Jika mau memaksimalkan velocity(gas speed) tinggal kecilkan lubangnya...
Tapi harus hati2 ..memang flow atw cfm besar menjajikan power gede..
Namun dengan lubang dan cfm gede juga berakibat power berada di putaran di rpm atas..tapi Tenaga di gasingan bawah seperti ngedrop...
  Jika power mau di rpm bawah..cfm jngan kelewat besar.justru yang diperbesar velocity(gas speed)atw kwcepatan aliran gas bakar..
Namun jika lubang terlalu kecil,tenaga mesin juga jadi kelewat kecil karna laju gas bakar terhambat.
  Intinya "di cari ukuran lubang optimal,bukan maksimal atau minimal.@izhakk

0 comments:

Post a Comment

Koment seperlu nya

Popular Posts